Jul 8, 2018

Mengatasi tombol Scroll Lock di Ubuntu tidak bekerja

Keyboard yang saya pakai mempunyai backlit (Pencahayaan) yang dapat dinyalakan dan dimatikan menggunakan tombol Scroll Lock. Ketika saya pakai di Windows, tidak ada masalah sama sekali, tapi ketika saya migrasi OS ke Ubuntu, tombol Scroll Lock tersebut tidak mau bekerja. Setelah saya membaca referensi dari Google, ternyata bukan hanya saya, sudah banyak pengguna Ubuntu yang mengalami kejadian serupa.

Dari hasil pencarian, untuk menyalakan backlit Keyboard di Ubuntu, saya memberi perintah berikut di terminal :
xset led named "Scroll Lock"
Sebagai kebalikannya, untuk mematikan backlit pada Keyboard, saya menggunakan perintah berikut :
xset -led named "Scroll Lock"
 Kedua perintah diatas dapat menyalakan atau mematikan lampu Keyboard terlepas dari tombol Scroll Lock ditekan atau tidak.

Jelas sangat merepotkan jika harus membuka terminal terlebih dahulu jika ingin menyalakan lampu di Keyboard.

Perintah lain yang saya coba untuk menyalakan dan mematikan lampu di keyboard adalah dengan perintah berikut :
xmodmap -e 'add mod3 = Scroll_Lock'
Sekarang saya bisa menyalakan ataupun mematikan lampu pada Keyboard menggunakan tombol fisik Scroll Lock.

Tapi, Solusi ini hanya berlaku sementara sampai komputer di matikan. Ketika memulai ulang Ubuntu, tombol Scroll Lock kembali tidak merespon. Saya harus memberi perintah xmodmap lagi agar tombol Scroll Lock bisa mengatur backlit.

Solusi lain yang terbilang lebih permanen adalah dengan mengedit pemetaan symbols milik xkb di directory /usr/share/X11/xkb/symbols. Direktori ini berisi file konfigurasi pemetaan symbols yang dikelompokkan dalam kode negara. Untuk melihat kode negara yang aktif (yang saya pakai) di Keyboard saat ini, Saya menggunakan perintah berikut :
setxkbmap -query
Pada Keyboard saya, nilai layout adalah us. Oleh sebab itu saya akan mengubah file /usr/share/X11/xkb/symbols/us dengan menambahkan baris berikut pada file tersebut :
...
xkb_symbols "basic" {

  name[Group1]= "English (US)"; 
  ...
  modifier_map Mod3 { Scroll_Lock };

};
...
Tips: Jangan sampai salah mengubah file ini, karena bisa menyebabkan OS tidak mau menerima masukan dari Keyboard lagi.

Sekarang, setelah memulai ulang Ubuntu, tombol Scroll Lock dapat dipakai untuk menyalakan dan mematikan lampu pada Keyboard seperti seharusnya.
Akan tetapi, Solusi ini tetap tidak sempurna. Saat melakukan upgrade Ubuntu, saya seringkali menjumpai perubahan yang saya lakukan pada file us sudah hilang, yang membuat saya harus kembali melakukan langkah seperti di artikel ini.

Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengatasi tombol Scroll Lock di Ubuntu tidak bekerja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email